Selasa, 20 September 2016

Orang Kudus 20 September: St. Andreas Kim Taegon

SANTO ANDREAS KIM TAEGON, MARTIR
Andreas Kim Taegon lahir di Korea. Ia adalah putera dari Ignasius Kim Chejun, seorang bangsawan Korea, yang menjadi Katolik dan martir pada penganiayaan tahun 1839. Andreas dibaptis pada usia 15 tahun. Menjawab panggilan Tuhan, ia pergi meninggalkan Korea menuju seminari di Makau, China. Di sinilah Andreas menimba ilmu sebagai persiapan menjadi imam. Andreas akhirnya ditahbiskan menjadi imam pertama Korea, dan setelah itu ia kembali ke Korea.
Di korea Andreas ditugaskan untuk mengatur masuknya para misionaris melalui jalur air sehingga tidak diketahui penjaga perbatasan. Suatu ketika ia ditangkap dan kemudian disiksa. Akhirnya Andreas menghadapi akhir hidupnya setelah kepalanya dipenggal di Sungai Han, dekat ibukota Seoul.
Andreas Kim Taegon meninggal dunia sebagai martir pada tahun 1846 di Seoul, Korea. Pada 6 Juni 1925 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XI, dan pada 6 Mei 1984 ia dikanonisasi bersama dengan St. Paulus Chong Hasang dan martir-martir Korea lainnya, termasuk ayahnya, oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar