Kamis, 22 September 2016

Orang Kudus 22 September: St. Yohanes Maria de la Cruz

BEATO YOHANES MARIA DE CRUZ, MARTIR
Orang kudus ini memiliki nama asli Mariano Garcia Mendez. Yohanes lahir pada 25 September 1891 di San Esteban de los Patos, Avila, Spanyol. Sejak kecil Yohanes sudah berkeinginan untuk menjadi seorang imam. Menjawab panggilan Tuhan, Yohanes memutuskan untuk bergabung dengan seminari diosesan di Avila, dan sempat ingin bergabung dengan Ordo Pengkotbah, tetapi kesehatannya yang buruk menghalanginya.
Pada 18 Maret 1816 Yohanes  ditahbiskan menjadi imam dan melayani di sebuah desa kecil yang miskin. Yohanes  kembali berusaha mencari kehidupan rohani yang lebih baik, sampai ia kemudian bertemu dengan imam Kongregasi Hati Kudus Yesus. Yohanes kemudian memasuki masa novisiat di Novelda, Alicante. Ia mengikrarkan kaulnya pada 31 Oktober 1926 dan mengambil nama Yohanes Maria de la Cruz.
Yohanes kemudian bertugas sebagai guru. Ia juga mulai mencari dana pada tahun 1929, dan juga membujuk anak-anak untuk bergabung dengan seminari Kongregasi Hati Kudus Yesus. Ketika terjadi penganiayaan terhadap umat Katolik dalam perang saudara di Spanyol, Yohanes memilih untuk mengungsi ke Valencia, dengan harapan tidak ada yang mengenalinya.
Ketika melihat sebuah gereja dirusak dan dijarah, Yohanes melakukan protes sehingga orang mengetahui identitas dirinya. Yohanes kemudian ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara. Dalam penjara Yohanes memberikan perhatian kepada tahanan lain. Ia juga tetap melakukan kewajiban seperti berdoa Ibadat Harian, atau Rosario.
Yohanes Maria de la Cruz meninggal dunia pada 23 Agustus 1936 di Valencia, Spanyol. Ia merupakan martir pertama dari Kongregasi Hati Kudus Yesus. Pada 11 Maret 2001 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar