Rabu, 28 September 2016

Orang Kudus 28 September: St. Yakobus Kyushei Tomonaga

SANTO YAKOBUS KYUSHEI TOMONAGA, MARTIR
Yakobus Kyushei Tomonaga lahir pada sekitar tahun 1582 di Kyudetsu, Jepang. Yakobus adalah putera sebuah keluarga bangsawan Kristen di Kyudetsu. Yakobus memperoleh pendidikan pada kolese Yesuit di Nagasaki. Semasa mudanya Yakobus aktif sebagai katekis, tetapi ia kemudian diusir dari Jepang pada tahun 1614 karena aktivitasnya sebagai katekis.
Terusir dari Jepang, Yakobus pergi ke Filipina dan bergabung dengan Ordo Pengkotbah. Yakobus ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1626 dan mulai berkotbah di Filipina dan Taiwan. Pada tahun 1632 Yakobus kembali ke Jepang walaupun ia mengetahui bahaya yang senantiasa mengancam nyawanya. Di Jepang Yakobus berkarya bersama Miguel Kurobioye, seorang katekis.
Pada Juli 1633 Yakobus ditangkap setelah sebelumnya katekisnya tertangkap dan setelah disiksa ia memberitahukan keberadaan Yakobus. Setelah ditangkap Yakobus dimasukkan ke dalam penjara. Selama di penjara Yakobus disiksa untuk menyangkal imannya, namun Yakobus tetap bertahan pada imannya.
Akhirnya Yakobus dibunuh karena menyebarkan iman Kristen. Yakobus Kyushei Tomonaga meninggal dunia pada 17 Agustus 1633 di Nagasaki, Jepang, sebagai saksi Kristus. Pada 18 Februari 1981, bersama dengan Dominikus Ibanez dan para martir Jepang lainnya, Yakobus dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II, dan pada 18 Oktober 1987 Yakobus dikanonisasi oleh Paus yang sama.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar