Jumat, 14 Oktober 2016

Orang Kudus 14 Oktober: St. Gundisalvus Lagos

BEATO GUNDISALVUS LAGOS, PENGAKU IMAN
Gundisalvus lahir pada sekitar tahun 1360 di Lagos, Algarve, Portugal. Ia adalah putra dari seorang nelayan. Suatu hari Gundisalvus berkunjung ke sebuah gereja yang digembalakan oleh imam-imam Agustinian di Lisbon. Perjumpaan ini melahirkan rasa ketertarikan untuk menjalani hidup sebagai biarawan. Karena itu, Gundisalvus memutuskan untuk bergabung dengan Ordo St. Agustinus di Lisbon pada tahun 1380.
Setelah ditahbiskan sebagai imam, Gundisalvus dikenal karena keahliannya dalam teologi dan sebagai pengkotbah. Ia selalu menolak menerima gelar “master” terkait keahliannya itu. Perhatian Gundisalvus adalah mengajar anak-anak dan orang-orang yang tidak berpendidikan. Gundisalvus pernah menjabat superior pada beberapa biara Agustinian sampai ia menjabat sebagai prior biara Torres Vedras.
Gundisalvus menghabiskan sepuluh tahun terakhir hidupnya untuk berkarya mengajar anak-anak dan juga membantu orang-orang miskin. Gundisalvus meninggal dunia pada 15 Oktober 1422 di Torres Vedras, Faro, Portugal. Pada 23 Mei 1778 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius VI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar