Rabu, 19 Oktober 2016

Orang Kudus 19 Oktober: St. Isaac Jogues

SANTO ISAAC JOGUES, MARTIR
Isaac Jogues lahir pada 10 Januari 1607 di Orleans, Perancis. Ia bergabung dengan Serikat Yesus pada tahun 1624. Setelah ditahbiskan menjadi imam, ia sempat menjadi pengajar sastra di Rouen, sebelum pada tahun 1636 dikirim sebagai misionaris ke Quebec, Kanada.
Bersama dengan Rene Goupil, Isaac berkarya di tengah suku Huron dekat Great Lakes. Keduanya ditangkap dan disiksa oleh suku Mohawks di Osernenon. Rene Goupil meninggal dunia sebagai martir, sementara Isaac menjadi budak selama sekitar 13 bulan. Isaac diselamatkan oleh koloni Belanda yang membawanya ke Now York sebelum kembali ke Perancis.
Di Perancis Isaac disambut seperti seorang pahlawan, tetapi satu hal yang ia inginkan adalah diizinkan mempersembahkan misa, karena ia kehilangan dua jarinya selama disiksa. Paus Urbanus VIII kemudian memberikan izin kepadanya.
Isaac kembali ke Kanada pada tahun 1644. Ia menjadi negosiator kepada suku Iroquis. Pada tahun 1646, bersama dengan rekannya, Jean de la Lande, Isaac mengunjungi kembali tempat dimana ia ditangkap dan disika. Isaac berhasil menjalin persahabatan dengan suku Mohawks.
Ketika Isaac berkunjung untuk ketiga kalinya, ia dituduh sebagai pembawa penyakit dan pembawa kelaparan. Isaac dan Jean ditikam dengan tombak dan kepala Isaac dipenggal.
Isaac Jogues meninggal dunia pada 18 Oktober 1646 di Osernenon, New York, Amerika Serikat. Ia dibeatifikasi pada 21 Juni 1925, dan pada 29 Juni 1930 ia dikanonisasi oleh Paus Pius XI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar