Rabu, 05 Oktober 2016

Orang Kudus 5 Oktober: St. Albertus Marvelli

BEATO ALBERTUS MARVELLI, PENGAKU IMAN
Albertus Marvelli lahir pada 21 Maret 1918 di Ferrara, Italia. Ia adalah putera dari Luigi Marvelli, seorang pegawai bank, dan Maria Mayr. Oleh karena kedua orangtuanya, terutama ibunya, Albertus diberikan pendidikan Kristen yang kuat. Pada Juni 1930 keluarganya berpindah ke Remini, Italia. Albertus mulai bergabung dengan Oratori Salesian dan kelompok Aksi Katolik di paroki.
Albertus sehari-hari selalu mengikuti misa pagi dan sesering mungkin menerima ekaristi. Ia mengaku dosa seminggu sekali dan sering minta bimbingan rohani. Albertus selalu mendoakan Rosario dan Malaikat Tuhan pada siang hari.
Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya, Albertus melanjutkan ke Universitas Bologna dengan mengambil jurusan teknik sipil. Albertus tetap aktif dalam Aksi Katolik dan pada setiap hari Sabtu ia mengunjungi orang-orang miskin. Setelah menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1941, Albertus mengikuti wajib militer untuk waktu yang singkat, karena saudara-saudaranya telah melakukan kewajiban yang sama.
Ketika kembali ke Remini, Albertus terpilih menjadi wakil presiden Aksi Katolik, namun ia memilih menjadi seorang guru. Ia terus saja mengunjungi orang miskin dan sakit. Pada saat Perang Dunia II keluarga Albertus pindah ke Vergiano, dan Albertus kerap kembali ke kota untuk menolong orang-orang yang terluka dan tidak memiliki rumah dengan memberikan apa yang ia miliki. Saat Jerman berkuasa, Albertus juga menyelamatkan banyak orang yang akan dideportasi menuju kamp konsentrasi.
Albertus bergabung dengan Partai Kristen Demokrat dan menjadi seorang kandidat yang sangat diunggulkan dan dihormati termasuk oleh lawan politiknya yang berhaluan komunis. Saat pemilihan, Albertus yang bersepeda mengalami kecelakaan.
Albertus Marvelli meninggal dunia pada 5 Oktober 1946 di Remini, Forli, Italia. Albertus memenangi pemilihan dan posisinya digantikan oleh ibunya. Pada 5 September 2004 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar