Jumat, 27 April 2018

Tanya - Jawab Modul II Pertemuan Jambore OMK Koba

Pada 16 – 18 Maret OMK Koba mengadakan jambore OMK di Bangkanesia, Lingku. Namun sebelum acara tersebut, para peserta mendalami modul pertemuan dalam kelompok kecil. Tema pertemuan modul kedua adalah “Mengapa Memilih Gereja Katolik”. Di sini mereka dibantu dengan sharing pengalaman Natalia Budiman. Ada lima kelompok, dimana tiap kelompok terdiri dari 5 – 7 orang. Setiap pertemuan ada ruang tanya-jawab. Berikut ini beberapa pertanyaan yang muncul pada pertemuan kedua (untuk pertemuan pertama silahkan baca di sini). Sebenarnya intinya ada pada pertanyaannya, bukan pada jawaban, karena yang mau disasar adalah daya kritis peserta.
T
Bagaimana cara agar anak-anak muda lebih mengerti makna Gereja Katolik dan segala ajarannya?
J
Tidak ada cara lain selain mempelajarinya. Kita membutuhkan semangat seperti Natalia Budiman, yang mau berusaha mencari tahu soal ajaran katolik. Namun sayang, anak muda sekarang lebih tertarik dengan hal-hal lain. Salah satu ciri orang katolik umumnya adalah tidak tahu tapi tidak berusaha mencari tahu.
T
Kenapa Gereja Protestan berbeda-beda, tidak seperti katolik?
J
Akar kata Protestan adalah “protes”. Ketika seseorang tidak setuju dengan kebijakan orang lain, dia akan protes dan mendirikan gereja baru. Karena itulah, dalam refleksi Natalia Budiman, Gereja Prostestan lebih didasarkan pada selera pendirinya.
T
Jelaskan bagaimana pergumulan yang terjadi pada kisah Maria Natalia Budiman? Apa yang bisa Anda petik dari kisah itu?
J
Awalnya, Natalia mendasarkan pilihan atas Gereja berdasarkan perasaan atau feeling good. Masuk ke sebuah gereja karena di sana ramai, meriah, happy dan enak. Akan tetapi, akhirnya Natalia disadarkan bahwa pilihan atas Gereja tidak bisa hanya didasarkan pada suka atau tidak suka, pada urusan rasa dan selera saja, melainkan pada kebenaran. Ada banyak hal yang bisa dipetik dari Natalia, seperti semangatnya untuk mempelajari ajaran Gereja Katolik dan prinsipnya, “Tidak adil, kalau meninggalkan Gereja Katolik tanpa benar-benar mengerti ajaran Gereja Katolik yang sebenarnya.”
T
Mengapa protestan bisa terbagi-bagi? Apakah dibangun berdasarkan feeling good saja?
J
Pertama-tama semangat mereka adalah protes, sehingga jika tidak setuju maka muncullah gereja baru. Di sini tampak bahwa pendirian Gereja didasarkan pada kepentingan pribadi.
T
Apa pendapatmu jika kisah Natalia Budiman terjadi pada dirimu?
J
Saya tidak akan meninggalkan Gereja Katolik. Saya akan bangga jadi orang katolik dan semakin mencintai Gereja Katolik. Untuk itu, saya akan berusaha mencari tahu soal ajaran katolik.
T
Bagaimana cara Bapa Paus melakukan reformasi terhadap Gereja Katolik?
J
Ecclesia semper reformanda. Gereja akan selalu mereformasi dirinya sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan jaman. Hanya reformasi itu harus sesuai dengan kehendak Allah, bukan berdasarkan selera, kepentingan atau kehendak pribadi tertentu. Hal ini ditentukan dalam sinode para uskup atau juga konsili.
T
Apa arti katolik sebenarnya?
J
Katolik artinya umum, universal dan terbuka. Hal ini sesuai denan semangat Yesus Kristus yang misi keselamatan-Nya terbuka untuk semua orang, tidak hanya orang kristen saja. Rasul Yohanes sudah mengatakan bahwa Yesus menebus bukan hanya untuk dosa kita saja, melainkan juga dosa seluruh dunia (1Yoh 2: 2)
T
Kenapa Gereja Protestan tidak mau mengakui Bunda Maria dan santo-santa ?
J
Pertama-tama, kita harus pisahkan antara Bunda Maria dan santo-santa. Orang protestan bukannya tidak mengakui Bunda Maria, tapi tidak menghormatinya. Kalau santo santa memang tidak diakui oleh protestan. Akarnya adalah kesalahan penilaian orang protestan terhadap orang katolik. Mereka berpikir bahwa orang katolik menyembah Bunda Maria dan santo-santa, padahal yang dilakukan orang katolik adalah menghormati.
T
Kenapa Gereja Protestan selalu menggunakan musik dan lagu yang indah?
J
Sebenarnya Gereja Katolik juga menggunakan musik dan lagu yang indah. Hanya karena tidak ada persiapan, maka ketika tampil hasilnya buruk. Nah, kenapa tidak OMK memulai suatu hal yang baru dengan menampilkan musik dan lagu yang indah.
T
Apa penyebab perpecahan Katolik dan Protestan?
J
Ceritanya bisa panjang. Untuk singkatnya, bisa dikatakan bahwa Gereja Protestan merupakan Gereja yang memprotes ajaran resmi Gereja saat itu (Gereja Katolik). Protes itu terkait banyak hal seperti ajaran, sikap hidup para pemimpin Gereja, dan banyak lainnya. Karena protes mereka tidak diterima, maka akhirnya mereka berdiri sendiri, terpisah dari Gereja Induk. Lebih lanjut soal ini, silahkan baca di “Mengenal Gerakan Protestanisme”. Dalam perjalanan sejarah selanjutnya, ada kritik protestan yang diterima Gereja Katolik. Salah satunyanya adalah penggunaan bahasa setempat untuk Kitab Suci dan perayaan ibadah.
T
Bagaimana cara agar kita dapat mengajak umat katolik untuk mau mendalami imannya dan mengikuti kegiatan-kegiatan Gereja?
J
Pertama-tama diri kita sendiri harus terlebih dahulu aktif dalam mendalami iman dan kegiatan-kegiatan Gereja. Jika memang kegiatannya baik, tentulah yang lain akan tertarik.
T
Apa maksud dari pengertian iman protestan bahwa dengan menerima Tuhan Yesus seseorang dijamin masuk sorga?
J
Orang protestan yakin bahwa keselamatan itu semata-mata buah hari iman pada Yesus Kristus, bukan hasil usaha manusia. Hal ini didasarkan pada Roma 10: 4 – 15.
T
Apa maksud sabda Yesus kepada Petrus, “Di atas batu karang ini Aku akan dirikan Gereja-Ku”?
J
Kata “petrus” mempunyai makna batu karang. Karena itu, Yesus akan mendirikan Gereja-Nya di atas pengajaran Rasul Petrus dan para rasul. Karena itu, Gereja Katolik yakin bahwa pemimpin Gereja Katolik yang pertama adalah Santo Petrus, dan kepemimpinan itu terus berganti hingga kini pada Paus Fransiskus. Tentang urutan kepausan, silahkan baca di “Daftar Para Paus dari Dulu hingga Kini”.
T
Adakah komunitas yang mendalami Alkitab di Gereja Katolik seperti yang ada di Gereja Protestan?
J
Ada. Semuanya tergantung pada kemauan umat. Di kota-kota besar, seperti Jakarta, komunitas ini tumbuh berkembang.
T
Bagaimana kita dapat mengajak teman-teman prostestan untuk mengimani agama katolik?
J
Pertama-tama kita harus terlebih dahulu memahami ajaran iman kita, karena ketika hendak mengajak mereka, pasti mereka akan selalu menyerang ajaran iman kita. Ingat sharing pengalaman Natalia. Orang protestan punya keyakinan bahwa orang katolik harus diinjili. Karena itu, jika kita lemah akan pemahaman iman kita, malah kita akan diserang balik..
T
Mengapa salib di protestan tidak ada patung Yesus?
J
Karena orang protestan melihat bahwa Yesus sudah bangkit dan naik ke sorga. Karena itu, tidak ada lagi patungnya di salib. Di samping itu, mereka mengikuti ajaran Perjanjian Lama untuk tidak membuat patung (Keluaran 20: 4).
T
Kenapa orang kristen terpecah-pecah?
J
Karena ego, hanya melihat kepentingan pribadi atau kelompok, bukannya melihat kehendak Allah.
T
Kenapa dalam katolik pemimpin misa hanya imam (cowok), sedangkan protestan pendetanya bisa cowok atau cewek?

Karena kuasa untuk mengubah roti anggur menjadi Tubuh dan Darah Kristus, yang terjadi dalam misa, hanya dimiliki imam. Dan Gereja katolik masih berpegang bahwa imam itu hanya cowok. Sedangkan dalam protestan, tidak ada kuasa seperti yang dimiliki imam. Dalam protestan, para pendeta hanya memiliki kuasa mengajar dan menggembalakan. Kuasa ini bisa diserahkan kepada kaum perempuan, seperti juga dalam Gereja Katolik.
T
Apa hukumannya jika orang katolik berpindah ke agama lain?
J
Hukumannya adalah ekskomunikasi. Hak-haknya sebagai umat katolik dihalangi. Misalnya, dia tidak diperkenankan menyambut komuni. Berbeda jika umat islam pindah agama, mereka boleh dibunuh.
T
Apakah mereka yang telah meninggalkan Gereja katolik bisa kembali lagi? Dan apakah mereka harus dibaptis lagi?
J
Sakramen baptis yang diterima dengan sah bersifat kekal. Jadi, sekalipun orang meninggalkan Gereja Katolik, baptisannya tidak otomatis ikut hilang. Karena itu, kapan pun dia mau kembali, pintu Gereja Katolik tetap terbuka. Mereka ini seperti anak yang hilang.
T
Kenapa ada perbedaan dalam misa perkawinan di katolik?
J
Perbedaan itu bisa disebabkan karena beberapa faktor
1.    Karena jenis perkawinannya. Upacara perkawinan sesama katolik akan berbeda dengan perkawinan campur
2.    Pengurangan ritus. Dalam upacara perkawinan ada beberapa ritus fakultatif: boleh diadakan boleh juga tidak. Semuanya tergantung pada calon mempelai.
T
Apa perbedaan katolik dan protestan?
J
Ada banyak hal perbedaan antara katolik dan protestan. Semua itu dapat dikategorikan dalam beberapa hal:
1.    Ajaran iman: sakramen, Bunda Maria, Api Pencucian, dll
2.    Ibadah
3.    Kitab Suci
4.    Hal-hal lain, seperti tanda salib, santo santa, dll
Lebih lanjut soal perbedaan tersebut dapat dibaca di sini.
T
Apakah kita berdosa mengimani agama protestan, padahal sama-sama mengimani Yesus Kristus?
J
Tergantung apa yang diimani atau diyakini, karena memang semua yang mereka imani, kita juga imani; tapi tidak semua yang kita imani, mereka imani.
T
Apa yang didapatkan jika seseorang masuk katolik?
J
Keselamatan. Petrus pernah berkata, “Keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Yesus.” (bdk. Kis 4: 12). Harap diingat, Gereja Katolik adalah Gereja yang langsung didirikan oleh Yesus Kristus.
T
Kenapa penerimaan komuni di katolik terjadi di setiap misa, sedangkan protestan saat tertentu saja?
J
Karena dalam misa ada perjamuan dan umat dihidangkan santapan sabda dan santapan Tubuh Kristus. Karena itu, umat katolik yang ikut misa, sejauh tidak ada halangan, terpanggil untuk menyambut komuni. Orang protestan tidak mengenal komuni. Yang dikenal hanya perjamuan; dan yang disambut bukan Tubuh Kristus, tapi roti biasa.
Melihat Tanya - Jawab Modul I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar