Kamis, 05 November 2015

Orang Kudus 5 November: St. Fransiska Ambosia

BEATA FRANSISKA AMBOSIA, PENGAKU IMAN
Fransiska Ambosia lahir pada 28 September 1427 di Thouars, Perancis. Ia adalah putri dari Louis d’Ambosia, seorang bangsawan. Sejak berusia 4 tahun, Fransiska sudah dijodohkan dengan Peter II dari Britanny, dan mereka menikah ketika Fransiska berumur 15 tahun.
Pada awalnya, pernikahan mereka tidak membahagiakan. Bahkan Peter sering memperlakukan Fransiska dengan buruk. Salah satu keutamaan Fransiska adalah kepeduliaannya kepada kaum miskin. Peter kemudian sadar dan membantu pekerjaan-pekerjaan sosial Fransiska.
Fransiska membantu pendirian biara klaris di Nates. Ia juga membantu biara Dominikan di Nates, dan membantu proses kanonisasi Santo Vinsensius Ferrer. Di sela-sela kesibukannya, Fransiska mempunyai pembimbing spiritual, Yohanes Soreth, Prior Jenderal Ordo Karmel, dan ia rutin meminta bimbingan.
Pada tahun 1457 Peter meninggal dunia dan Fransiska memutuskan untuk meneruskan hidup dalam kehidupan religious. Ia bergabung dengan Ordo Karmel di Bondon pada 25 Maret 1468, dan bekerja di ruang kesehatan. Pada tahun 1473 Fransiska ditunjuk sebagai prioress, dan pada tahun 1477 ia pindah ke biara di Nates.
Fransiska Ambosia meninggal dunia pada 4 November 1485 di Les Coutes, Nates, Perancis. Pada 16 Juli 1863 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius IX.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar