Kamis, 14 Januari 2016

Orang Kudus 14 Januari: St. Petrus Donders

BEATO PETRUS DONDERS, PENGAKU IMAN
Petrus Donders lahir pada 27 Oktober 1809 di Tilburg, Belanda. Ia adalah putera dari Arnold Denis Donders dan Petronella van den Brekel. Petrus hidup dalam kemiskinan dan tidak dapat bersekolah. Ia bekerja di rumahnya, dan juga di sebuh pabrik bersama saudaranya, Martin.
Sejak kecil Petrus sering bermimpi bahwa ia dapat menjadi imam. Karena itu, pada usia 22 tahun, dengan bantuan Pastor Paroki, ia masuk seminari menengah St. Michael-Gestel. Petrus menjadi seorang seminaris dan pekerja paruh waktu agar dapat membiayai sekolahnya.
Dikisahkan bahwa pada umur 26 tahun, Petrus sempat mendaftarkan diri ke Fransiskan, Yesuit dan Redemptoris, tetapi ia ditolak. Pada 5 Juni 1841 ia ditahbiskan sebagai seorang imam. Ia kemudian pergi ke Suriname, dimana pada saat itu masih menjadi tempat koloni Belanda. Ia tiba di Paramaribo pada 16 September 1842. Ia menyebarkan Injil serta membaptis sekitar 1200 orang pada tahun-tahun awal karyanya. Ia juga membantu orang-orang sakit ketika terjadi epidemic pada tahun 1851.
Petrus kemudian dipindahkan ke Batavia, Suriname, ke tempat para penderita lepra. Kemudian Kongregasi Redemptoris tiba di Suriname pada tahun 1866. Petrus dan seorang imam lainnya mendaftarkan diri untuk bergabung dengan kongregasi tersebut. Keduanya memasuki masa novisiat di bawah Vikaris Apostolik, Johannes Baptis Swinkels. Keduanya mengucapkan kaul kekalnya pada 24 Juni 1867. Mereka kembali ke Batavia dan menolong orang-orang penderita lepra.
Petrus juga menjelajah ke wilayah Indian dan menyebarkan Injil di sana. Ia mempelajari bahasa setempat dan memulai karyanya dengan baik, tetapi kesehatannya mulai menurun. Superiornya mengirimnya untuk tugas-tugas yang lebih mudah, tetapu Petrus lebih memilih kembali ke Batavia untuk menolong penderita kusta sampai akhir hidupnya.
Petrus Donders meninggal dunia pada 14 Januari 1887 di Batavia, Suriname. Pada 23 Mei 1982 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar