Sabtu, 12 Maret 2016

Orang Kudus 12 Maret: St. Maximilianus

SANTO MAXIMILIANUS, MARTIR
Informasi mengenai orang kudus ini sangat terbatas. Yang pasti Maximilianus hidup pada abad III. Ia adalah anak seorang tentara veteran Romawi. Ketika dikenakan wajib militer, Maximilianus menolak. Ia tidak mau menjadi tentara karena taat pada agama dan mempunyai anggapan yang negatif terhadap personil angkatan perang. Bagi dia tentara-tentara umumnya banyak melakukan perbuatan-perbuatan yang bersifat dosa, dan berwatak bejat.
Karena penolakannya itu, Maximilianus dihadapkan ke pengadilan. Kepada hakim ia berkata, “Angkatan perang saya adalah angkatan perang Tuhan. Saya tidak dapat berperang untuk kepentingan duniawi!” Ayahnya menolak desakan hakim supaya mengubah pandangan puteranya itu. Waktu Max diancam hukuman mati, ia berkata lantang, “Saya tidak akan mati. Apabila saya meninggalkan dunia ini, saya akan bersatu dengan Kristus Tuhanku.”
Maximilianus meninggal dengan cara dipenggal lehernya di pinggir kota Kartago, Tunisia pada tahun 295.
sumber: Iman Katolik
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar