Sabtu, 23 April 2016

Orang Kudus 23 April: St. Helena Udine

BEATA HELENA UDINE, PENGAKU IMAN
Helena lahir pada tahun 1396 di Udine, Italia. Ia adalah puteri dari keluarga bangsawan Maniago. Ketika masih muda, Helena menikah dengan Antonio Cavalcanti pada sekitar tahun 1414. Dari pernikahannya mereka dikaruniai 6 orang anak. Helena kehilangan Antonio yang meninggal dunia pada tahun 1441.
Dikisahkan Helena memotong rambutnya dan menyimpannya bersama perhiasannya pada peti Antonio. Helana kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Ordo Ketiga Santo Agustinus setelah mendengar homili dari seorang biarawan Agustinian, Angelo de San Servino. Helena banyak membantu orang-orang yang membutuhkan dengan perbuatan-perbuatan kasihnya.
Helena banyak meluang waktu untuk berdoa, berdevosi kepada Sengsara Kristus, dan mencintai ekaristi. Ia sempat mengalami siksaan dalam hidupnya ini sampai depresi berat. Ia bahkan nyaris melakukan tindakan bunuh diri, tetapi doa-doa yang ia lakukan menguatkannya. Selama menjadi anggota Ordo Ketiga, Helena memilih untuk tidur di atas tumpukan batu yang dialasi sedikit jerami.
Helena Udine meninggal dunia pada 23 April 1438 di Udine, Italia. Pada 27 September 1848 kultusnya diakui oleh Paus Pius IX.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar