Senin, 19 September 2016

Orang Kudus 19 September: St. Emilia de Rodat

SANTA EMILIA DE RODAT, PENGAKU IMAN
Emilia de Rodat lahir pada sekitar tahun 1787 di Rodez, sebuah kota kecil di Perancis Selatan. Semenjak kecil Emilia dididik dan dibesarkan oleh neneknya di Villefranche-de-Rouergue, tak jauh dari Rodez. Di sana pada usia mudanya Emilia dikenal sebagai seorang gadis periang, penuh optimisme. Tetapi pada usia 17 tahun ia mengalami suatu perubahan yang mendalam, lalu memutuskan untuk mengabdikan seluruh hidupnya kepada Tuhan.
Mula-mula Emilia berkarya sebagai seorang guru bantu di sekolah Maison Saint-Cyr, Villefranche. Akan tetapi kemudian ia memprakarsai pendirian sebuah sekolah khusus untuk anak-anak dari keluarga-keluarga miskin tanpa memungut biaya. Sekolah ini dimulainya pada tahun 1815 dengan dukungan kuat dari Abbe Marty, kepala sekolah Maison Saint-Cyr, Villefranche.
Sekitar tahun itu Emilia menjadi suster. Beberapa tahun kemudian ia mendirikan sebuah kongregasi baru: Kongregasi Keluarga Kudus dari Villefranche. Kongregasi ini berkarya di bidang pendidikan, perawatan kesehatan dan pemeliharaan orang-orang miskin dan terlantar. Rumah biaranya didirikan di Aubin, dekat Rodez.
Emilia de Rodat meninggal dunia pada 19 September 1591 di Aubin, Perancis. Pada 9 Juni 1940 Emilia dibeatifikasi oleh Paus Pius XII, dan pada 23 April 1950 ia dikanonisasi oleh Paus yang sama.
sumber: Iman Katolik
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar