Senin, 26 September 2016

Orang Kudus 26 September: St. Delfina Glandieves

BEATA DELFINA GLANDIEVES, PENGAKU IMAN
Delfina Glandieves lahir pada sekitar tahun 1284 di Provence, Perancis. Ia adalah puteri dari keluarga bangsawan Puimichel. Sejak masih kecil Delfina kehilangan kedua orangtuanya. Ia diasuh oleh bibinya, abdis biara St. Catherine di Sorbo. Ketika berusia 14 tahun Delfina menikah dengan Santo Elzear. Keduanya mempraktekkan hidup dengan mempertahankan keperawanan mereka.
Delfina  dan Elzear bergabung dengan Ordo Ketiga St. Fransiskus. Ketika Elzear bertugas di istana Kerajaan Naples, Delfina ikut bersamanya dan bersahabat dengan Ratu Sanchia. Setelah kematian Elzear Delfina terus tinggal di istana Naples mendampingi Ratu Sanchia.
Pada saat Raja Robert, suami Ratu Sanchia, meninggal dunia, Ratu memilih menjadi biarawati Klaris, dan Delfina ikut menemaninya sampai kematian Ratu Sanchia. Delfina menjual semua hartanya dan membagikannya kepada orang miskin. Setelah itu ia pergi mengasingkan diri dari Naples ke Cabrieres, kemudian ke Apt, dimana suaminya dimakamkan.
Delfina Glandieves meninggal dunia pada 26 November 1360 di Apt, Perancis. Jenasahnya dimakamkan di samping suaminya. Pada sekitar tahun 1694 ia dibeatifikasi oleh Paus Innosensius XII.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar