Minggu, 10 Januari 2016

Orang Kudus 10 Januari: St. Gulielmus Bituricensis

SANTO GULIELMUS BITURICENSIS, USKUP & PENGAKU IMAN
Gulielmus Bituricensis lahir pada 19 Oktober 1155 di Nevers, Perancis. Ia adalah putera dari Baldwin, yang adalah bangsawan di Nevers. Sejak kecil ia memperoleh pendidikan dari pamannya, Petrus si Petapa, Diakon Agung Soissons. Pekerjaan yang penuh kekudusan selalu menarik perhatiannya.
Gulielmus meneruskan pendidikannya sampai ia menjadi imam dan kemudian kanon di Soissons dan Paris. Gulielmus kemudian memutuskan untuk hidup membiara, pertama-tama dengan menjadi biarawan di Ordo Grandmont, tetapi kemudian ia memutuskan untuk bergabung dengan Ordo Cistersian di Pontigny. Tidak lama kemudian Gulielmus terpilih sebagai Prior di Biara Pontigny, dan kemudian menjadi abbas di Biara Fountaine-Jean, lalu di Chaalis pada tahun 1187.
Setelah kematian Henri de Sully, Uskup Agung Bourges (Latin: Bituricensis), Gulielmus terpilih menggantikannya pada 23 November 1200. Ia terpaksa menerima jabatan ini karena ketaatannya kepada Paus dan pemimpinnya di Citeaux, sebagai uskup, Gulielmus melakukan mati raga dua kali lipat dari apa yang selalu ia lakukan.
Gulielmus selalu menggunakan pakaian kasar di balik jubahnya, dan tidak pernah menambah pakaian yang ia kenakan di musim dingin, atau menguranginya di musim panas. Ia juga tidak menyantap daging, walaupun selalu ada daging di meja makannya. Ia selalu membaginya dengan orang asing. Selain itu semua, Gulielmus aktif merawat orang miskin, sakit dan para tahanan. Gulielmus juga menobatkan banyak orang yang terpengaruh ajaran sesat Albigensianisme.
Gulielmus Bituricensis meninggal dunia pada 10 Januari 1209 di Bourges, Perancis. Pada 17 Mei 1217 ia dikanonisasi oleh Paus Honorius III
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar