Minggu, 07 Februari 2016

Orang Kudus 7 Februari: St. Anselmus Palanco

BEATO ANSELMUS PALANCO, USKUP & MARTIR
Anselmus Palanco lahir pada 16 April 1881 di Valdavia, Spanyol. Ia adalah putera dari seorang petani. Menjawab panggian Tuhan Anselmus bergabung dengan Ordo Agustinian di Valladolid, Spanyol pada tahun 1897. Anselmus belajar filsafat dan teologi di Biara St. Maria de la Vid, dan pada Desember 1904 ia ditahbiskan sebagai seorang imam. Ia melanjutkan pendidikannya di Jerman, dan saat kembali ke Spanyol ia mengajar di Valladolid dan biara de la Vid.
Anselmus kemudian menjadi prior pada komunitas di Valladolid. Tak lama kemudian ia dipindahkan ke Philippine, Spanyol sebagai penasehat provinsial. Tahun 1932 Anselmus menjadi prior provinsi Nama Suci Yesus di Philippine. Sebagai prior ia harus mengunjungi para biarawan Agustinian yang menjadi misionaris dan tersebar di berbagai Negara, seperti China, Amerika, Filipina, Kolombia, Peru.
Pada tahun 1935 Anselmus ditunjuk sebagai Uskup Teruel dan Administrator Apostolik Albarracin. Saat itu sutuasi sedang sangat sulit. Perang saudara terjadi di Teruel, dan pada akhirnya pihak Republik menguasai Teruel pada tahun 1938. Anselmus ditangkap bersama Vikaris Jenderalnya (Filipus Ripoli Morata). Anselmus mendapat tekanan dan bahkan sempat dipaksa untuk menandatangani pernyataan dukungan kepada Republik. Pihak Republik bahkan berjanji akan mendukungnya menduduki jabatan Uskup Agung Barcelona. Namun semua itu ditolak oleh Anselmus.
Anselmus dan Filipus Ripoli ditahan selama 13 bulan. Akhirnya kedua orang itu ditembak mati sebelum perang saudara berakhir. Anselmus Palanco meninggal dunia pada 7 Februari 1939 di Pont de Molins, Gerona, Spanyol. Pada 1 Oktober 1995 ia dibeatifikasi bersama Filipus Ripoli oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar