Sabtu, 10 September 2016

Orang Kudus 10 September: St. Fransiskus Garate

BEATO FRANSISKUS GARATE, PENGAKU IMAN
Fransiskus Garate lahir pada 3 Februari 1857 di Azpeitia, Spanyol. Ia adalah putera dari sebuah keluarga petani sederhana. Karena keadaan ekonomi keluarganya lemah, Fransiskus tidak sempat mengenyam pendidikan yang tinggi. Ia terpaksa bekerja untuk membantu ekonomi keluarga. Setelah sempat bekerja sebagai pelayan pada sebuah kolese Yesuit, Fransiskus memutuskan untuk bergabung dengan Serikat Yesus.
Penganiayaan terhadap Yesuit di Spanyol membuat Fransiskus harus pergi ke Poyanne, Perancis, untuk masuk novisiat pada tahun 1874. Kaul pertamanya diikrarkan pada 2 Februari 1876, dan ia dikirim ke kolese La Guardia sebagai perawat dan pelayan sakristi. Fransiskus mengikrarkan kaul kekal pada Agustus 1887 dan ditugaskan ke Universitas Duesto, Bilbao. Di sini Fransiskus bertugas sebagai penjaga pintu dan pelayan sakristi, pekerja yang ia terus lakukan dengan taat sampai dengan akhir hidupnya.
Fransiskus Garate meninggal dunia pada 9 September 1929 di Universitas Duesto, Bilbao, Spanyol. Pada 6 Oktober 1985 Fransiskus dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar