Selasa, 03 November 2015

Orang Kudus 3 November: St. Pius Capidelli

BEATO PIUS CAMPIDELLI, PENGAKU IMAN
Luigi Capidelli lahir pada 29 April 1868 di Trebbio, Rimini, Italia. Ia adalah putra dari Giuseppe Capidelli, seorang petani, dan Folimena Belpani. Ayahnya meninggal ketika ia berusia 6 tahun. Saat berumur 10 tahun, Luigi menerima komuni pertamanya. Panggilan untuk menjadi seorang imam sudah dirasakannya sejak kecil.
Ketika berumur 12 tahun, Luigi bertemu dengan imam dari Kongregasi Pasionis. Perjumpaan ini menumbuhkan ketertarikan dalam hatinya untuk bergabung dengan Kongregasi Pasionis. Maka, pada 27 Mei 1883 Luigi bergabung dengan novisiat Kongregasi Pasionis. Saat menerima jubah, ia pun memilih nama baru: Pius.
Pius Capidelli mengikuti teladan Santo Aloysius Gonzaga dan Santo Gabriel dari Bunda Berdukacita. Pius sempat dipindahkan ke Viterbo sebelum melanjutkan pendidikan filsafat dan teologinya. Pada 30 April 1884 Pius mengikrarkan kaulnya. Dalam masa persiapannya untuk tahbisan diakonat, Pius terserang penyakit tuberculosis. Pius Capidelli meninggal dunia pada 2 November 1889 di Rimini, Italia. Pada 17 November 1985 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
sumber: Santo-Santa Gerej
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar