Jumat, 15 Januari 2016

Orang Kudus 15 Januari: St. Aloysius Variara

BEATO ALOYSIUS VARIARA, PENGAKU IMAN
Aloysius Variara lahir pada 15 Januari 1875 di Viarigi, Italia. Ia adalah putera dari Pietro Variara dan Livia Bussa. Ketika berusia 12 tahun Aloysius bergabung dengan Oratori Salesian di Turin, dan ia sempat bertemu dengan Santo Yohanes Bosko. Aloysius akhirnya memutuskan untuk mengikuti panggilan hidupnya dengan menjadi seorang Salesian.
Tahun 1891 Aloysius memasuki masa novisiat. Ia kemudian mempelajari filsafat di Valsalice. Aloysius sempat bertemu dengan Pastor Michael Unia, seorang misionaris Salesian, yang berkarya di Kolombia. Karena itu, pada tahun 1894 Aloysius pergi bersama Unia menuju Agua de Dios, Kolombia, dan mulai berkarya di tengah para penderita kusta.
Aloysius ditahbiskan sebagai imam sekitar tahun 1901 di Kolombia. Ia membangun tempat bagi para penderita kusta, mengikuti jejak Unia. Pada 7 Mei 1905 ia mendirikan Kongregasi Puteri Hati Kudus Yesus dan Maria. Karya-karyanya banyak tidak dimengerti oleh rekan-rekannya, tetapi ia mendapat dukungan dari Santo Michael Rua, sebagai pemimpin tertinggi Kongregasi Salesian. Aloysius juga menunjukkan ketaatannya kepada para pemimpinnya ketika ia harus pergi meninggalkan Agua de Dios pada tahun 1921 menuju Tariba.
Aloysius Variara meninggal dunia pada 1 Februari 1923 di Cucuta, Kolombia. Pada 14 April 2004 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar