Minggu, 07 Agustus 2016

Orang Kudus 7 Agustus: St. Agathangelus

BEATO AGATHANGELUS, MARTIR
Agathangelus Fransiskus Noury lahir pada 31 Juli 1598 di Vendrome, Perancis. Ia adalah putera dari Francois Noury dan Marguerite Beon. Menjawab panggilan Tuhan Agathangelus bergabung dengan Ordo Kapusin di Le Mans pada tahun 1619. Pada tahun 1624 ia belajar teologi di Rennes, dan pada tahun 1625 ia ditahbiskan menjadi imam.
Agathangelus kemudian berkarya melawan protestanisme sampai dengan tahun 1628. Oleh ordonya Agathangelus dikirim untuk misi ke Arab. Selain tujuan misi, Agathangelus  diminta untuk mengembalikan Gereja-gereja Timur yang telah melakukan skisma. Agathangelus berkarya di Lebanon sebelum akhirnya pergi ke Alexandria, Mesir pada tahun 1633 untuk memimpin misi membangun hubungan antara Koptik dengan Gereja Roma. Di sini ia bertemu dengan Beato Kasianus yang dikirim dari Perancis.
Misi Agathangelus dan Kasianus berjalan cukup baik. Mereka kemudian memutuskan untuk melanjutan misi menuju Abyssina, Ethiopia. Akan tetapi mereka ditangkap karena hasutan seorang Lutheran bernama Pier Leone, kepada pihak Koptik. Pada 7 Agustus 1638 Agathangelus dan Kasianus diadili dan mereka membela iman katolik. Mereka akhirnya dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung, namun pelaksanaannya berubah dengan cara dirazam.
Agathangelus Fransiskus Noury meninggal dunia pada 7 Agustus 1638 di Gondar, Ethiopia. Pada 1 Januari 1905 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius X bersama dengan Kasianus.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar