Minggu, 07 Agustus 2016

Orang Kudus 7 Agustus: St. Kasianus

BEATO KASIANUS, MARTIR
Orang kudus ini terlahir dengan nama Cassian Lopes Netto. Ia lahir pada 14 Januari 1607 di Nates, Perancis. Ia adalah putera dari Juan Lopes Netto dan Guida d’Almeras. Keluarganya merupakan keluarga pedagang dari Portugal. Kasianus biasa juga dipanggil dengan sebutan Vesener. Ia bersekolah di Kolese St. Klemen, dan ketika berusia 9 tahun ia sudah mengutarakan niatnya untuk menjadi seorang kapusin.
Vasener diterima sebagai novis di Angers ketika berusia 15 tahun. Ia memperoleh jubah dan juga nama Kasianus. Ia kemudian belajar filsafat dan teologi di Renners. Setelah ditahbiskan sebagai imam, wabah penyakit melanda Ranners pada sekitar tahun 1631 – 1632. Kasianus membantu para penderita wabah tanpa terluka sedikitpun.
Kasianus kemudian dikirim ke Alexsandria, Mesir pada tahun 1633. Di sini ia bertemu dengan Beato Agathangelus. Misi mereka berjalan cukup baik. Mereka kemudian memutuskan untuk melanjutan misi menuju Abyssina, Ethiopia. Akan tetapi mereka ditangkap karena hasutan seorang Lutheran bernama Pier Leone, kepada pihak Koptik. Pada 7 Agustus 1638 Agathangelus dan Kasianus diadili dan mereka membela iman katolik. Mereka akhirnya dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung, namun pelaksanaannya berubah dengan cara dirazam.
Kasianus meninggal dunia sebagai martir Kristus pada 7 Agustus 1638 di Gondar, Ethiopia. Pada 1 Januari 1905 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius X bersama dengan Agathangelus.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar