Jumat, 02 September 2016

Orang Kudus 2 September: St. Apolinaris Morel

BEATO APOLINARIS MOREL, MARTIR
Apolinaris Morel dilahirkan pada 12 Juni 1739 di Prez-vers-Noreaz, Fribourg, Swiss. Ia adalah putera dari Jean Morel dan Marie Elizabeth Maitre. Sebelum Apolinaris dilahirkan, ayahnya meninggalkan ibunya dan saudara-saudaranya. Ia kemudian dirawat oleh pamannya, yang juga seorang imam. Apolinaris memperoleh pendidikan di Kolese Yesuit di Frigourg. Apolinaris memiliki banyak prestasi dan banyak yang memperkirakan ia  akan menjadi seorang Yesuit. Namun Apolinaris memutusan untuk bergabung dengan Ordo Fransiskan Kapusin di Zug pada tahun 1762.
Apolinaris ditahbiskan sebagai imam pada 22 September 1764 di Bulle. Setelah itu ia pergi ke Lucerne untuk belajar teologi. Pada tahun 1769, setelah menyelesaikan pendidikannya, Apolinaris menjadi seorang pengkotbah di Swiss. Tahun 1774 Apolinaris mengajar di rumah studi teologi Kapusin di Fribourg. Setelah 6 tahun mengajar, Apolinaris ditunjuk sebagai vikaris persaudaraan Kapusin di Sion.
Pada tahun 1781 Apolinaris dikirim ke Bulle sampai dengan tahun 1785. Di sana ia bertugas sebagai direktur sebuah sekolah. Tiga tahun kemudian Apolinaris mendapat tugas menjadi misionaris ke Syria. Untuk itu ia pergi ke Paris untuk mempelajari bahasa Timur Tengah. Di tengah suasana Revolusi Perancis yang mencekam, Apolinaris masih berkarya. Ia memilih untuk setia kepada Gereja, sehingga ia ditahan pada sebuah biara Karmel bersama dengan Petrus Renatus Rogue dan Yohanes Fransiskus Burte. Selama ditahan Apolinaris menguatkan dan menyemangati para biarawan lain yang juga ditahan.
Apolinaris Morel meninggal dunia sebagai martir pada 2 September 1792 di Hotel des Carmes, Paris, Perancis, setelah rumah tahanannya diserbu dan para rohaniwan yang menjadi tahanannya dibunuh. Pada 17 Oktober 1926 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XI, bersamaan dengan Yohanes Fransiskus Burte dan Petrus Renatus Rogue.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar