Kamis, 22 September 2016

Orang Kudus 22 September: St. Yusuf Calasanz Marques

BEATO YUSUF CALASANZ MARQUES, MARTIR
Orang kudus ini lahir pada 23 November 1872 di Azanuy, Huesca, Spanyol. Ketertarikan Yusuf menjadi biarawan bermula ketika ia berjumpa dengan Santo Yohanes Bosko pada sekitar tahun 1886. Pada saat itu Yusuf melihat Yohanes Bosko kelelahan dan menderita. Dari sinilah Yusuf akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Kongregasi Salesian pada tahun 1890 dan ditahbiskan sebagai imam lima tahun kemudian.
Setelah menjadi imam, Yusuf bertugas sebagai sekretaris Beato Filipus Rinaldi, dan kemudian ia menjadi superior untuk provinsi Peru-Bolivia. Yusuf kembali ke Spanyol dan ditunjuk sebagai Provinsial Barcelona-Valencia. Yusuf dikenal sebagai pekerja keras dan memiliki perhatian terhadap keselamatan manusia.
Ketika terjadi perang saudara di Spanyol, Yusuf ditangkap bersama para Salesian, saat mengadakan retret di Valencia. Dalam perjalanan, Yusuf dibunuh dengan ditembak. Yusuf Calasanz Marques meninggal dunia pada 29 Juli 1936 di Valencia, Spanyol. Pada 11 Maret 2001 ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar