Selasa, 19 Januari 2016

Orang Kudus 19 Januari: St. Melkhior Grodec

SANTO MELKHIOR GRODEC, MARTIR
Melkhior Grodec lahir pada tahun 1584 di Cieszyn, Salesia, Polandia. Ia adalah putera dari sebuah keluarga bangsawan. Ia menempuh pendidikannya di Kolese Yesuit di Vienna. Karena tertarik menjadi seorang Yesuit, tahun 1603 ia memasuki masa novisiat.
Melkhior kemudian belajar di Praha dan ditahbiskan sebagai seorang imam pada tahun 1614. Ia ditugaskan di Praha sebelum kemudian dipindahkan ke Kosice, Slovakia. Di sini ia bertemua dengan Stefanus Pongracz, yang juga seorang Yesuit. Di kota ini mereka melayani umat katolik di tengah kebencian para penganut protestanisme Kalvinis.
Ketika Gabriel Bethlen, yang adalah seorang pangeran Transylvania, dan juga penganut kalvinis, menguasai kota, Melkhior ditangkap bersama Stefanus danMarek Krizin. Ketiganya disiksa dan dipaksa untuk menganut protestanisme, tetapi mereka menolaknya sehingga mereka dibunuh
Melkhior Grodec meninggal dunia pada 7 September 1619 di Kosice, Slovakia. Pada 15 Januari 1905 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius X bersama kedua rekannya, dan pada 2 Juli 1995 mereka dikanonisasi oleh Paus Yohanes Paulus II.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar