Selasa, 19 Januari 2016

Orang Kudus 19 Januari: St. Yakobus Sales

BEATO YAKOBUS SALES, MARTIR
Yakobus Sales lahir pada 21 Maret 1556 di Lezoux, Perancis. Ia bersekolah di sekolah Yesuit di Billom, dan pada akhir masa sekolahnya ia sudah merasakan panggilan Tuhan untuk menjadi seorang Yesuit. Namun ia tidak menjawab panggilan itu karena ia merasa bahwa keluarganya lebih membutuhkan dia, karena ia adalah putera satu-satunya.
Ketika Yakobus melanjutkan studinya di Kolese Clermont, panggilannya semakin kuat. Akhirnya ayahnya mengizinkan dia untuk kemudian mengikuti masa nosiat di Verdun pada tahun 1573. Ia kemudian menjadi guru teologi di Pont-a-Mousson pada tahun 1585. Ada keinginan dalam hati Yakobus untuk menjadi misionaris di Amerika, Cina atau Jepang. Akan tetapi karena konflik antara katolik dan kalvinis, ia dilarang pergi oleh superiornya dengan alasan Perancis adalah tanah misi. Yakobus kemudian berkarya melawan pemikiran-pemikiran sesat kaum kalvinis.
Pada tahun 1593 ia dikirim bersama Bruder William Soultemoche menuju sebuah kota bernama Aubenas. Di sana Yakobus menjelaskan mengenai iman katolik, tetapi pertikaian antara katolik dengan kalvinis sangat kacau. Pada 6 Februari 1593 mereka ditangkap oleh Huguenot atau sebutan bagi kaum kalvinis Perancis, ketika mereka sedang berdoa. Mereka dibawa ke markas besar Huguenot dan ditanyai dengan harapan mereka akan menyangkal iman katolik. Namun yang terjadi adalah para Huguenot sampai frustrasi sehingga diputuskan bahwa Yakobus harus mati.
Yakobus dibawa ke sebuah lapangan dan diberikan kesempatan terakhir untuk mengingkari kehadiran nyata Kristus dan Sakramen Mahakudus. Namun Yakobus tetap pada imannya dan menolak pemikiran mereka. seketika itu juga ia ditembak dari belakang, sementara Bruder Saultemoche dibunuh dengan ditusuk oleh sebilah pedang. Yakobus Sales meninggal dunia pada 7 Februari 1693 di Perancis. Pada 6 Juni 1926 ia dibeatifikasi oleh Paus Pius XI.
Baca juga orang kudus hari ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar